Pemicu dan Penyebab Penyakit Kanker Hati

Faktor pemicu dan Penyebab penyakit kanker hati – Penyakit kanker hati adalah satu dari 12 jenis kanker yang mematikan di seluruh dunia. Kanker hati memiliki karakteristik penyebaran tersendiri dalam tubuh pasien. Kanker hati bersifat metastasis yang artinya mampu bermutasi ke organ lain untuk menyebarkan efek buruknya. Penyakit Kanker hati disebabkan oleh adanya virus, bakteria yang menjadikan hati sebagai inangnya dan mengalami pertumbuhan di dalam hati yang tidak terkendali. Kondisi ini tentu menyebabkan organ hati kehilangan fungsi utamanya sebagai penawar racun dan membuang racun serta zat zat berbahaya dari dalam tubuh.

Sampai saat ini, penyebab langsung penyakit kanker hati masih belum diketahui dengan jelas, namun pasti berhubungan dengan berbagai faktor resiko penyakit hati berikut ini :
1.    Hepatitis kronis, virus hepatitis berhubungan dengan patogenesis kanker hati, data menunjukkan bahwa lebih dari 30% pasien kanker hati memiliki sejarah hepatitis kronis, hepatitis B adalah yang paling sering dijumpai.
2.    Sirosis liver, pengamatan medis menunjukkan bahwa sekitar 50% penderita kanker hati mengalami proses sirosis yang berbeda, maka dari itu penderita sirosis seharusnya segera berobat dan melakukan pemeriksaan berkala, guna mengantisipasi terjadinya kanker hati.
3.    Mengkonsumsi makanan berjamur dalam jangka panjang.
4.    Mengkonsumsi makanan yang diasinkan, digoreng, diasapkan dalam jangka panjang.
5.    Mengkonsumsi air yang terkontaminasi dalam jangka panjang.
Selain daripada itu, penyakit parasit (terutama yang dimaksudkan adalah penyakit parasit liver), faktor lain juga dapat memicu berkembangnya sel kanker hati seperti banyak mengkonsumsi alkohol jangka panjang, polusi lingkungan dan sebagainya juga merupakan faktor penyebab kanker hati.

Penyebab utama kerusakan hati non parasit antara lain:
1.    Tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang adalah penyebab paling utama.
2.    Tidak buang air besar pada pagi hari.
3.    Pola makan yang terlalu berlebihan (Daging panggang, sate, dan gorengan/minyak goreng yang tidak sehat). Sedapat mungkin kurangi penggunaan minyak goreng untuk menggoreng makanan. Masakan yang digoreng harus dimakan habis saat itu juga, jangan disimpan.
4.    Tidak mendapat gizi sarapan/makan pagi.
5.    Terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan yang memberatkan kerja hati.
6.    Terlalu banyak mengkonsumsi bahan pengawet, zat tambahan (penyedap rasa), zat pewarna, pemanis buatan tentunya membuat kinerja hati dalam hal membuang racun dalam tubuh menjadi lebih berat daripada biasanya.
7.    Mengkonsumsi masakan mentah atau dimasak ½ matang.
8.    Merokok atau menjadi perokok pasif.
Semoga pembahasan dalam artikel ini mengenai faktor resiko penyebab terjadinya kanker hati dapat membantu dan menolong kita dalam mencegah dan melawan penyakit kanker hati.

Source : bbc.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *