Manfaat Air Kelapa Bagi Ibu Hamil

Banyak orang menganjurkan kepada ibu hamil untuk meminum air dugan atau air dari buah kelapa muda, tahukah Anda mengapa demikian? Ini bukanlah suatu mitos atau kebetulan saja karena ibu hamil suka mengkonsumsi makanan apa saja yang ada, tetapi air kelapa memang mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh si ibu dan si janin yang ada di dalam rahim.

Kandungan di dalam air kelapa antara lain seperti seng, mangan, sodium, magnesium, kalsium, zat besi, asam folat, vitamin E, vitamin C, vitamin K, dan potasium. Air kelapa dipercaya dapat membersihkan rahim dan janin dari racun dan kotoran yang mengganggu. Berikut penjelasan lebih lengkap tentang manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil:

Air Kelapa Dapat Berfungsi Sebagai Anti Toksin

Ternyata air kelapa bukan hanya dapat melepas dahaga saja, air kelapa pun berfungsi menjadi diuretik alami yang higienis dan minuman ini pun telah diyakini dapat memperlancar sistem ekskresi kemih sehingga bisa mendukung dalam menyehatkan saluran urine. Air kelapa bersifat diuretik alami yang memiliki peranan untuk membuang zat racun dalam tubuh berbentuk air seni, sehingga kondisi tubuh ibu dan janinnya terhindar dari zat-zat yang berbahaya dan beracun.

Mengembalikan Cairan Tubuh yang Hilang

Air kelapa merupakan minuman isotonik alami yang memiliki kandungan elektrolit dan mineral yang melimpah, minuman ini bermanfaat untuk mencegah terjadinya dehidrasi dan bisa dikonsumsi untuk meningkatkan stamina ibu hamil supaya tidak cepat merasakan lemas dan lelah.

Membersihkan Saluran Pencernaan

Di dalam masa kehamilan, plasenta perempuan akan memproduksi hormon progesteron yang bisa menjadikan kinerja lambung tergganggu, dampaknya otot organ pencernaan mengalami penurunan menjadi lamban. Cara meningkatkannya bisa diterapkan dengan mengkonsumsi air kelapa.

Membuat Air Ketuban Menjadi Bening

Jika meminum air kelapa pada bulan enam hingga sembilan saat hamil bisa membersihkan air ketuban yang keruh sehingga saat melahirkan menjadi mudah.

Walaupun air kelapa memiliki banyak khasiat bagi ibu hamil. Tetapi usahakan jangan terlalu banyak mengkonsumsinya, sebab jika mengkonsumsi air kelapa dengan jumlah yang tidak wajar ketika hamil bisa menimbulkan perut terasa kembung sehingga mengalami rasa terganggu sebab perut akan terasa begah atau penuh.