Makanan Sehat Untuk Penderita Kanker Kelenjar Getah Bening

Kanker kelenjar getah bening dapat di cegah
Kanker kelenjar getah bening dapat di cegah

Kelenjar getah bening bertugas menghasilkan cairan limfa dan tidak selamanya selalu dalam kondisi sehat. Apabila tubuh kita mengalami infeksi bakteri berlebih, tentunya akan memicu kerja keras kelenjar ini dalam memproduksi cairan limfa yang tugasnya membunuh bakteri, karena bekerja keras terus menerus dapat menyebabkan kelenjar ini mengalami pembengkakan. Jika ditambah dengan serangan virus disaat kondisi kelenjar tidak fit, maka berpotensi menyebabkan pertumbuhan kanker.

Sembarangan mengkonsumsi makanan tidak boleh dilakukan oleh penderita kanker, tak terkecuali penderita kanker kelenjar getah bening atau disebut limfoma.  Mungkin bagi orang sehat makanan tersebut tidak berefek apa apa, tetapi dapat memperparah keadaan orang yang mengidap suatu penyakit kanker. Oleh karena itu, anda wajib mengetahui apa yang sebaiknya dikonsumsi dan tidak dikonsumsi. Ada beberapa makanan sehat untuk penderita kanker getah bening yang dianjurkan untuk dikonsumsi. Makanan-makanan tersebut mengandung senyawa aktif yang dapat mencegah pertumbuhan kanker semakin ganas sekaligus melancarkan saluran limfatik tempat kelenjar getah bening berada. Berikut beberapa diantaranya:

  1. Brokoli, mengandung sebuah zat yang bisa mencegah kanker yaitu senyawa glukosinolat. Zat ini bisa didapatkan dari brokoli yang sudah diolah dengan cara dikukus atau direbus. Namun perlu kita perhatikan untuk mengukus atau merebus brokoli dalam api yang sangat kecil dan waktu yang tidak terlalu lama. Proses memasak yang berlebihan menyebabkan glukosinolat hilang dari brokoli. Brokoli menjadi makanan yang sangat efektif untuk mencegah kanker kelenjar getah bening apabila diolah dengan benar.
  2. Bawang Putih, dikonsumsi secara mentah menjadi salah satu bahan yang sangat baik untuk mencegah kanker kelenjar getah bening. Bawang putih bisa mencegah kanker kelenjar getah bening karena mengandung senyawa sulfur alami yang sangat tinggi. Senyawa sulfur bisa mencegah kanker dengan cara menghilangkan semua jenis sel yang akan tumbuh menjadi kanker. Bawang putih juga bisa membantu proses apoptosis, yaitu sebuah proses perlawanan sel sehat dalam tubuh untuk melawan pertumbuhan sel kanker.
  3. Buah dan Sayuran Mentah, makanan yang telah diolah seringkali sulit untuk dicerna, tetapi dalam sejumlah buah dan sayuran yang masih dalam keadaan mentah terdapat enzim yang membantu sistem limfatik menjadi lancar, atau juga bisa dengan mengkonsumsi salad yang terdiri dari sayuran berwarna hijau gelap semakin mempercepat proses kesembuhan penderita limfoma.
  4. Lemak Esensial (tak jenuh), menurut peneliti disebutkan bahwa lemak yang kita makan sebetulnya melewati dahulu sistem limfatik sebelum masuk ke hati, oleh karena itu, makan makanan yang mengandung lemak esensial atau lemak yang sehat sangat dianjurkan. Beberapa makanan yang mengandung lemak esensial antara lain kacang-kacangan dan biji-bijian. Selain itu terdapat pula di ikan atau kapsul minyak ikan, zaitun, wijen, tahu dan alpukat. Selain dengan makanan di atas anda dapat mencegah kanker kelenjar getah bening dengan obat herbal kanker kelenjar getah bening yang aman dan ampuh.

Semoga setelah membaca artikel tentang makanan yang dapat mendukung untuk penyembuhan gejala gejala penyakit kanker kelenjar getah bening dapat membantu dan menolong orang di sekitar kita.

Sumber : www.cancercenter.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *