Cara Mengatasi Migrain Tanpa Obat

Penyakit Migrain
Penyakit Migrain

Ada begitu banyak cara mengatasi migrain yang bisa dilakukan. Migrain atau sakit kepala sebelah merupakan penyakit yang tidak jarang datang menghampiri. Ketika sudah terkena migrain, kegiatan tidak jarang menjadi terganggu. Migrain membuat seseorang menjadi sulit untuk berkonsentrasi. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan migrain. Bisa jadi migrain merupakan salah satu efek yang ditimbulkan oleh penyakit yang anda derita. Migrain umumnya lebih sering terjadi pada wanita. Tetapi kemungkinan seorang laki-laki untuk mengalami migrain juga tetap ada. Saat terkena migrain, ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mengatasi penyakit ini. Berikut adalah beberapa tips dalam mengatasi migrain.

Mengatasi Migrain dengan Mudah
Migrain bisa menyerang dimana saja dan kapan saja. Anda bisa langsung mengatasi dengan mengonsumsi obat sakit kepala. Tetapi tidak ada jaminan pasti obat sakit kepala bisa langsung menyembuhkan migrain. Anda bisa mencoba mengatasi migrain dengan mengonsumsi minuman hangat. Hal ini dipercaya sebagai salah satu cara mengatasi migrain. Minuman hangat mampu melancarkan peredaran darah tubuh. Salah satu minuman hangat yang baik dikonsumsi ketika migrain adalah teh jahe. Minuman ini baik dikonsumsi penderita migrain karena mengandung zat anti inflamasi yang mampu melawan senyawa penyebab timbulnya migrain. Teh jahe bisa ditambahkan madu atau susu agar semakin nikmat.

Migrain ternyata juga bisa diatasi dengan kafein. Cobalah untuk mengonsumsi minuman yang mengandung kafein ketika diserang migrain. Hal ini dipercaya sebagai salah satu cara mengatasi migrain, karena kafein dapat membantu mengurangi rasa sakit yang diakibatkan oleh migrain. Tetapi anda harus tetap memperhatikan asupan kafein yang masuk ke dalam tubuh. Karena jika terlalu banyak justru bisa semakin memperparah migrain yang terjadi. Migrain juga bisa diatasi dengan menggunakan media air melalui hidroterapi. Caranya yaitu dengan merendam kaki di air hangat. Kemudian gunakan kain hangat untuk mengompres daerah leher. Hal ini kaan membantu meningkatkan aliran darah dari kepala menunju ke kaki. Karena suhu kaki lebih rendah daripada suhu di kepala.

Jika anda sering dilanda migrain, maka sebaiknya rajin mengonsumsi makanan yang kaya akan magnesium. Makanan dengan kandungan magnesium yang tinggi mampu mengurangi gejala migrain. Contoh makanan yang mengandung magnesium adalah kacang-kacangan. Magnesium ini berfungsi untuk mengendorkan saraf yang tegang. Selain itu ingatlah selalu untuk menjaga gula darah. Gula darah yang rendah atau hipoglikemi akan memicu sakit kepala atau migrain. Untuk menjaga gula darah anda bisa mulai raji untuk mengonsumsi makanan yang manis, buah, dan sayur-sayuran. Tetapi tetap berhati-hati karena makanan manis juga dapat memicu diabetes. Demikianlah beberapa cara mengatasi migrain yang bisa diberikan, semoga dapat berguna untuk anda yang membutuhkan.

sumber : www.mayoclinic.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *